Hal-hal Penting Seputar Doa Niat Puasa Ramadhan

Bacaan doa niat puasa Ramadhan bermakna menahan lapar dan haus, dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, yang lebih utama adalah menahan hawa nafsu, ada beberapa keutamaan lain dari niat puasa, antara lain. 1. Ibadah …

Bacaan doa niat puasa Ramadhan bermakna menahan lapar dan haus, dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, yang lebih utama adalah menahan hawa nafsu, ada beberapa keutamaan lain dari niat puasa, antara lain.

1. Ibadah

Berdoa merupakan ibadah paling mulia. Membaca doa niat puasa Ramadhan lalu berbuka, berarti Anda telah menunaikan rukun islam ketiga.

Tentunya juga harus diiringi dengan melakukan ibadah-ibadah yang lain, yakni shalat sunnah tarawih dan tadarus Al-Qur’an.

2. Tawakal kepada Allah

Tawakal artinya menyerahkan segalanya hanya kepada Allah SWT. Berharap keberkahan dan keridhaan atas apa yang telah diperbuat selama puasa Ramadhan.

3. Meningkatkan Tawakal

Berpuasa mengajarkan manusia untuk lebih memiliki empati kepada sesama. Ikut merasakan kesusahan yang dirasakan orang lain.

Cara berkomunikasi dengan Allah adalah dengan berdoa, mendekatkan diri untuk meningkatkan keimanan. Percaya bahwa Allah akan menjawab doa-doa hambaNya.

4. Terhindar dari Kemarahan Allah

Banyak orang beranggapan jika terjadi bencana dimana-mana, berarti Tuhan sedang marah. Karena umat manusia tidak mau lagi beribadah, menjalankan semua perintah Allah SWT.

Maka saat doa niat puasa Ramadhan dilafazkan, selipkan doa yang lain untuk meminta pertolongan dari segala marabahaya.

5. Mengenal Allah

Menjalankan sholat wajib lima waktu dan sholat sunnah selama bulan Ramadhan, membuktikan keimanan seseorang. Fungsi dari sholat, berdoa, dan berpuasa adalah mencoba mengenal Allah dengan cara yang baik, Allah menciptakan makhluk hidup di muka bumi ini, semata-mata untuk beribah kepadaNya.

6. Bersyukur Kepada Allah SWT

Jangan pernah lupa selalu bersyukur kepada Allah SWT untuk segala nikmat yang telah diberikan. Anda digerakkan untuk sholat, berpuasa, dan melakukan aktivitas yang lain atas izin Allah.

Meyakini semua berasal dari Allah, rezeki, maut maupun jodoh. Perbanyaklah bersyukur, karena Allah berjanji akan menambah nikmatNya bagi siapapun yang bertakwa.

Itulah keutamaan membaca doa berpuasa, selain mendapat keberkahan. Tentunya saja ada ganjaran pahala untuk setiap kebaikan yang Anda lakukan, asalkan niatnya ikhlas karena Allah.