Simak berikut tentang kertas kalkir!

  Awal kali kertas diproduksi dengan tujuan agar orang-orang dapat mendokumentasikan karyanya baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas diproduksi dengan berbagai bentuk dan jenisnya berdasarkan fungsi dokumentasinya, seperti …

 

Awal kali kertas diproduksi dengan tujuan agar orang-orang dapat mendokumentasikan karyanya baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas diproduksi dengan berbagai bentuk dan jenisnya berdasarkan fungsi dokumentasinya, seperti bahan kertas pada buku bacaan, buku tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat dan lainnya yang tentunya jenis kertas yang dipakai tersebut berbeda-beda.

Kertas umumnya dikenal sebagai alat tulis, bisa dimanfaatkan untuk keperluan anak-anak sekolah, mahasiswa ataupun kebutuhan kantor. Nah, ternyata selain itu kertas memiliki segudang manfaat lainnya. Bahan tipis yang biasanya terbuat dari kayu ini memiliki variasi jenis, mulai dari kertas HVS, kertas tisu, kertas minyak, kertas seni (art paper), dan lain sebagainya.

Kertas tak hanya dijadikan sebagai media tulis, cetak, dan menggambar saja, namun jenis kertas tisu bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dan juga art paper yang bisa dijadikan objek seni seperti origami.

Setelah kita sudah memhami tentang apa itu kertas, kita akan memahami lagi tentang apa itu kertas kalkir?

Kertas kalkir adalah kertas semitransparan yang dapat digunakan untuk menjiplak foto atau gambar. Setelah menjiplak sebuah gambar pada kertas kalkir, Anda dapat dengan mudah memindahkannya ke kertas lain atau bahkan kanvas. Namun, pastikan Anda menggunakan pensil grafit agar gambar Anda terlihat jelas ketika memindahkannya!

Setelah kita sudah mengetahui apa itu kertas kalkir,agar lebih paham lagi ayo kita mengulas manfaat dari kertas kalkir bagi kehidupakan kita.

Desainer merupakan salah satu profesi dalam industri kreatif yang sangat diminati akhir-akhir ini. Umumnya, mereka yang berprofesi sebagai desainer memiliki keterampilan desain dan kreativitas yang sangat tinggi. Desainer juga harus memiliki ilmu dalam desain seperti desain komunikasi visual, desain fesyen, desain grafis, dan lain sebagainya.

Desainer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bersinonim dengan kata pendesain atau perancang. Perancang sendiri diartikan sebagai orang yang merancang. Dengan demikian, yang dimaksud dengan desainer adalah seseorang yang merencanakan bentuk dan tampilan sesuatu; atau merancang sesuatu. Sesuatu tersebut bisa berupa baju, produk, aplikasi, dan lain sebagainya.

Desainer produk industri adalah profesi yang berkaitan erat dengan tampilan visual sebuah produk sehingga produk tersebut menarik perhatian konsumen. Selain itu, desainer produk juga terlibat dalam pengembangan produk yang benar-benar baru. Untuk itu, seorang desainer produk harus bisa bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai profesi seperti pembuat model, insinyur, penjualan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Dalam melakukan tugasnya, terdapat beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan desainer produk industri di antaranya adalah konsumen, membuat produk yang menarik secara visual dan berbiaya murah, dan bahan yang digunakan.

Setelah kita mengetahui apa itu designer, pasti paham dong apa kaitannya dengan kertas kalkit ini. Jadi fungsi dari kertas kalkit ini untuk mempermudah para desainer untuk menyelesaikan proyek mereka. Baik proyek yang sedang maupun rumit.  Kertas ini biasanya menjadi bagian terakhir untuk menyelesaikan proyek, seperti bangunan rumah atau proses pembuatan atau pencetakan film. Kertas ini juga berfungsi untuk industri percetakan.

Dengan adanya kertas kalkir, para designer akan lebih mudah paengerjaannya tanpa melibatkan orang lain dengan bahan dasar yang lebih praktis, lebih murah, dan lebih efisien dibawa kemana saja bisa.

Buat anda seorang designer wajib banget memakai kertas kalkit.